Bentuk System Komunikasi Data

Bentuk System Komunikasi Data

Ada 2 macam system komunikasi data,offline communication system dan online communication system.

Off-line coomunication system

Suatu bentuk komunikasi data yang sederhana,yaitu data yang ditransmisikan tidak langsung diproses oleh CPU system.

On-Line communication system

Data yang dikirimkan langsung diterima oleh computer pusat untuk diolah.Ada 3 macam,Remote Job Entry(RJE),Realtime System,Time sharing System,Client Server System/Distributed data processing System.

REMOTE JOB ENTRY SYSTEM

Data yang akan dikirimkan dikumpulkan (batch) terlebih dahulu dalamsatu periode.Maka disebut juga batch processing system.Hasil data berada dikomputer pusat dan tidak dapat langsung dihasilkannya karena computer pusatmengolah data yang cukup besar.

RALTIME SYSTEM

Suatu realtime system memungkinkan untuk mengirimkan data kepusat computer dan langsung diolah seketika pada saat diterima dan mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data pada saat itu juga.American Airlines yang pertama kali mempelopori system ini.

TIME SHARING SYSTEM

Time sharing system memungkinkan beberapa pemakai computer bersama-sama menggunakan computer dan momputer akan membagi waktunya bergantian untuk tiap-tiap user.

Karena perkembangan CPU semakin cepat,sedangkan alat I/O tak dapat mengimbangi kecepatannya,maka kecepatan CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani I/O bergantian.Tahun 1959,Cristopher Starcy memberi ide untuk pembagian waktu buat CPU.Dan baru pada ahun 1961 system ini dilakukan oleh Massachutes Institute of Technology dan diberi nama CTSS(Compatible Time Sharing System) yang dapat melayani sebanyak 8 user. Dengan computer IBM 7090.

User dilayani dengan sangat cepat oleh computer secara bergiliran(time slice/quantum).Sejumlah besar perusahaan Amerika membuka biro jasa untuk pelayanan time sharing ini.

CLIENT SERVER SYSTEM

Dengan semakin murahnya computer mikro,banyak terminal yang menggunakan computer mikro ini.Sebagai sebuah terminal,computer mikro merupakan terminal yang intelegent karena punya processor di dalamnya,sehingga dapat diproses di dalamnya.Dengan demikian,computer pusat yang berhubungan dengan computer mikro tak perlu computer besar seperti mainframe,cukup computer mikro untuk melayani (server) kebutuhan data dan program dari terminal-terminal computer mikro.Komputer pusat yang menyediakan data dan program ini disebut server.Komputer-komputer mikro yang berfungsi sebagai terminal disebut clients dan sistemnya disebut client server system.

DISTRIBUTED DATA PROCESSING SYSTEM

Adalah suatu system computer interaktif yang terpencar secara geografi dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan masing-masing mampu mengolah data secara independent dan mampu berhubungan dengan computer lainnya dalam satu system.

Masing-masing lokasi menggunakan computer yang lebih kecil dibandingkan dengan computer pusat dan punya simpanan luar tersendiri serta dapat mengolah data.

Perbedaan Antara Time Sharing,Client Server System dan DDP Sytem

Mainframe

Client Server System

DDP System

Proses

Terpusat di computer mainframe

Di masing-masing computer mikro

Dimasing-masing computer local

Database

Terpusat di computer mainframe

Terpusat di server

Tersebar dimasing-masing computer lokal

NETWORK

Adalah jaringan dari system komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih system computer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu system.Dengan network dpat mengintegrasikan system informasi dan menyalurkan dari area satu ke area yang lainnya.

Antara network dan DDP

Network merupakan konsep dari jaringan kerja system komunikasi data.Network dapat melibatkan system computer saja dengan beberapa terminal dilokasi yang berbeda atau melibatkan beberapa computer di lokasi berbeda.

Sedangkan DDP merupakan system komunikasi data yang harus melibatkan 2 atau lebih system computer yang independent tetapi dapat berhubungan dengan yang lainnya.

Untuk membentuk suatu system network dibutuhkan suatu software communication yang khusus,yaitu protocol.Pabri yang mengembangkan pertama kali IBM th1975 yang mengembangkan SNA(System Network Architecture) yang merupakan protocol untuk menghubungkan beberapa tipe computer IBM.Pabrik lainnya,seperti Sperry Univac,WANG dan DEC yang punya DECnet.Saat ini network yang dikembangkan oleh suatu pabrik computer dapat dihubungkan dengan computer yang dibuat pabrik lainnya bahkan dapat menggunakan protocol yang lain,misalnya AIS Net1 (Advance Information System/Net1) yang dikembangkan AT&T TH 1982.

Sumber:Bukunya Joegiyono

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: