Menghemat Daya Monitor

Ingin hemat listrik? Mudah. Matikan monitor komputer saat Anda tinggal! Tidak seperti monitor LCD, monitor tabung yang bentuknya “gendut” itu merupakan salah satu komponen komputer yang paling banyak menyerap energi listrik. Pada monitor CRT generasi baru umumnya untuk ukuran 17″ menghabiskan daya sebesar 80-100 Watt. Sementara pada model yang lebih kuno bisa menghabiskan daya sampai 150 Watt. Bandingkan dengan monitor LCD yang hanya menghabiskan daya rata rata hanya 30 – 65 Watt.

Namun tahukah Anda meninggalkan komputer hidup dengan mematikan monitor lewat tombol on/off bukanlah solusi hemat sepenuhnya. Mengapa? Karena saat Anda menghidupkan kembali monitor dengan menekan tombol On, monitor memerlukan energi listrik lebih besar dari konsumsi normalnya ( > 100 Watt) ketimbang menghidupkannya dari mode stand by (biasanya ditandai dengan lampu indikator berwarna orange). Cara paling mudah untuk membandingkannya adalah dengan melihat Kwh Meter Anda. Saat Anda menghidupkan tabung monitor dengan menekan tombol On, maka Anda akan melihat ada sedikit “hentakan” pada piringan meteran Kwh Anda. Hentakan ini akibat adanya lonjakan energi yang dipakai dalam waktu singkat. Bandingan bila Anda menghidupkannya dari mode stand by.

Jadi bagaimana solusinya? Solusi terbaik adalah dengan mengaktifkan fitur manajemen energi pada sistem operasi Anda. Aktifkan fitur monitor stand by. Semisal apabila dalam 5 menit tidak ada aktifitas, monitor otomatis masuk mode stand by. Dengan mematikan monitor pada mode standby akan diperlukan energi listrik yang jauh lebih sedikit untuk menghidupkannya kembali ketimbang menghidupkan dari posisi monitor mati. Hal ini karena pada mode stand by kondisi tabung CRT akan tetap pada posisi warm. Pada beberapa perhitungan redaksi menemukan energi yang dikonsumsi pada mode standby ini kurang dari 1 Watt. Hemat bukan?

2 Responses to “Menghemat Daya Monitor”

  1. Semua Ada Says:

    wah bener hemat kalau gitu, tapi kalau lagi pas download iya terpaksa cuma monitor yang dimatikan mas , hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: